Implementasikan ISO 27001:2013 Buat Sistem IT KAI Commuter Aman

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
KAI Commuter memberi kemudahan kepada pengguna KRL dalam melakukan transaksi pembayaran tiket KRL. (krl.co.id)

KAI Commuter memastikan keamanan info base pengguna Commuter Line nan sempat diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Hingga saat ini, KAI Commuter berbareng pihak-pihak mengenai terus berkoordinasi dan melakukan investigasi mendalam untuk menelusuri dan menangani peretasan sistem tersebut.

Atas kejadian tersebut KAI Commuter sudah mengambil langkah-langkah penanganan seperti pembatasan akses baik jaringan publik maupun jaringan lokal.

Saat ini, seluruh sistem operasional IT nan ada di lingkungan KAI Commuter juga tetap melangkah dengan baik dan seluruh info base pengguna aman.

Masyarakat juga tidak perlu cemas dalam menggunakan seluruh aplikasi jasa nan dihadirkan oleh KAI Commuter, lantaran KAI Commuter mempunyai manajemen keamanan info nan baik.

KAI Commuter juga telah mengimplementasikan ISO 27001:2013 sebagai standarisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi di KAI Commuter.

Standarisasi keamanan ini juga secara berkala dilakukan audit oleh auditor independen untuk memastikan keamanan dalam penerapannya.

KAI Commuter berkomitmen untuk terus meningkatkan kemanan siber dalam penerapan teknologi info nan memudahkan masyarakat dalam menggunakan Commuter Line dan bakal mengusut tuntas atas kejahatan ini.

Untuk langkah lebih lanjut KAI Commuter bakal bekerja sama dengan pihak berkuasa mengusut kasus tersebut.

Sebelumnya, Menanggapi kejadian peretasan Aplikasi C-Access oleh pelaku peretasan di wilayah Depok, KAI Commuter menegaskan bahwa tindakan peretasan tersebut adalah pelanggaran hukum.

Meskipun tindakan ini sangat patut dikecam, tetapi KAI Commuter juga memastikan sudah mengambil beragam langkah dibutuhkan.

Maka itu, KAI Commuter berbareng pihak berkuasa dan pihak-pihak mengenai terus berkoordinasi untuk mengusut tuntas mengenai kejadian tersebut.

Peretasan dilakukan pada fitur pengisian ulang saldo Kartu Multi Trip (KMT) di Aplikasi C-Access sebagai pembayaran tiket Commuter Line Jabodetabek.

Atas kejadian perihal tersebut, KAI Commuter menjamin keamanan saldo pada KMT dan info pengguna Commuter Line yang sudah teregistrasi pada aplikasi C-Access.

Jadi, masyarakat juga tidak perlu cemas untuk melanjutkan penggunaan aplikasi ini dalam menggunakan Commuter Line, lantaran KAI Commuter mempunyai manajemen keamanan info nan baik.

Saat ini, KAI Commuter telah mengimplementasikan ISO 27001:2013 sebagai standarisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada sistem info manajemen KMT dan transaksi online top up KMT di Aplikasi C-Access.

Standardisasi keamanan ini secara juga secara berkala dilakukan audit oleh auditor independen untuk memastikan keamanan dalam penerapannya.

KAI Commuter berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan siber dalam penerapan teknologi info nan memudahkan masyarakat dalam menggunakan Commuter Line dan bakal mengusut tuntas atas kejahatan ini. B