10 Film Thriller Terbaik Tahun 2000an yang Wajib Ditonton!

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Para sutradara terbaik kembali berkumpul untuk membikin maha karya mereka dalam sebuah movie bergenre Thriller. Mulai dari Memento (2000) hingga Knowing (2009), seluruh movie thriller tersebut sudah bisa dipastikan membikin kalian tak bersuara di tempat, menahan nafas, dan ikut terbawa emosi saat menyaksikan kisah tegangnya.

Baca Juga: 10 Film Thriller Terbaik nan Rilis Sebelum Tahun 2000

Dalam tulisan kali ini, Bacaterus sukses mengumpulkan 10 dari ribuan titel movie dengan genre thriller yang tayang di bioskop. Kesepuluh movie tersebut merupakan movie terbaik keluaran tahun 2000 hingga 2009 nan wajib sekali kalian tonton sebagai pencinta film. Mereka tidak kalah seru dari movie thriller saat ini, lho. Berikut daftarnya!

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik titel movie untuk info selengkapnya

1. Knowing

Knowing_Poster (Copy)

Knowing menceritakan tentang sebuah ramalan nan diambil 50 tahun lampau mengenai apa nan bakal terjadi di masa depan. Ramalan ini berbentuk sebuah kertas berisikan nomor nan acak. Putra dari Prof. John (Nicholas Cage), Caleb, mendapatkan kertas ini hasil dari pembagian barang-barang nan disimpan di kapsul waktu dari sekolahnya.

Awalnya John tidak mengerti apa maksud dari nomor tersebut, sampai dia coba mengetik beberapa nomor nan berbanjar di mesin pencarian internet. Ternyata nomor tersebut menunjukan kapan bencana-bencana besar bakal datang beserta jumlah korbannya. Mulai dari kejadian WTC, pesawat jatuh, kecelakaan besar sampai gelombang panas nan bakal terjadi.

Di saat bersamaan, semenjak menerima secarik kertas tersebut, Caleb mulai mendengar suara-suara asing nan lambat laun, mulai mengganggu kesehatan mentalnya. Lantas, dalam kondisi seperti ini, apa nan bakal John lakukan untuk menolong putranya sekaligus menyelamatkan dunia?

2. Passengers

Passengers_Poster (Copy)

Claire Summers (Anna Hathaway) merupakan seorang terapis terkenal. Suatu ketika, dirinya diminta untuk menangani 5 pasien nan selamat dari sebuah kecelakaan pesawat. Di antara 5 orang tersebut, ada seorang laki-laki berjulukan Eric (Patrick Wilson). Claire tertarik padanya lantaran Eric paling tertutup dan jarang bercerita apa pun.

Singkat cerita, para korban pesawat itu mulai lenyap satu per satu dan Eric mengetahui apa nan sebenarnya terjadi. Mengetahui perihal ini, Claire mati-matian meminta Eric menceritakan apa nan sebenarnya terjadi meski dirinya menjadi taruhan.

3. No Country for Old Men

No Country for Old Men

Film pengarahan Joel dan Ethan Coen ini mengangkat kisah nan diadaptasi dari novel karya Cormac McCarthy dengan nuansa koboi modern. Menceritakan tentang Llewelyn Moss (Josh Brolin) yang menemukan duit berjumlah banyak dalam koper hasil transaksi obat terlarang nan gagal. Namun, temuan ini malah jadi perihal jelek baginya ketika tahu dia sekarang diincar oleh para penjahat, salah satunya Anton Chigurh, nan siap membunuh.

Penampilan Javier Bardem sebagai Anton Chigurh-lah bisa menghadirkan ketegangan demi ketegangan dalam setiap kemunculannya. Hasilnya, Javier Bardem sukses membawa pulang Piala Oscar sebagai Best Supporting Actor beserta Oscar lainnya untuk movie ini di kategori Best Director, Best Picture dan Best Adapted Screenplay.

4. Firewall

Firewall (Copy)

Jack Stanfield (Harrison Ford) bekerja sebagai manager keamanan sebuah bank di Seattle. Suatu kali, dia kehadiran seorang 'tamu' nan beriktikad untuk melakukan investasi dalam pengembangan keamanan di bank tempat Jack bekerja. Tak disangka, tamu tersebut merupakan penjahat kelas kakap nan berencana untuk merampok secara masif.

Sebagai ancaman, family Jack juga ikut-ikutan disandera oleh perampok tersebut. Tidak mau ambil resiko, Jack mengikuti kemauan sang perampok agar keselamatan keluarganya tidak terancam. Meskipun kudu menghadapi banyak perihal nan mengimpitnya, Jack berupaya menggagalkan rencana sang perampok dan menyelamatkan keluarganya.

5. Flightplan

flightplan (Copy)

Kyle Pratt (Jodie Foster) merupakan ibu tunggal untuk putrinya, Julia, setelah suaminya meninggal akibat jatuh dari genting apartemen mereka di Berlin. Mengurus jasad suaminya, Kyle dan Julia akhirnya meninggalkan Berlin menuju Long Island, di mana mereka bakal memulai hidup baru di sana berikut memakamkan suaminya.

Saat berada di dalam pesawat, Kyle tertidur, dan saat terbangun, dia mendapati bahwa Julia lenyap di dalam pesawat model anyar tersebut. Luas pesawat nan luar biasa besar membikin Kyle kebingungan, ditambah tidak ada satu pun info mengenai Julia nan naik ke dalam pesawat ataupun saksi mata nan memandang keberadaan anaknya itu. Apa nan sebenarnya terjadi?

6. Cellular

Cellular_Poster (Copy)

Jessica Martin (Kim Basinger) merupakan istri dari seorang pemasok properti. Ia mempunyai Anak laki-laki dan punya kehidupan nan sangat baik. Suatu hari, dirinya diculik dan disekap oleh seorang kartel narkoba berjulukan Ethan (Jason Statham). Bingung bukan main, Jessica mencoba segala langkah untuk menyelamatkan diri.

Jessica mencoba menyambungkan kembali pesawat telepon nan sudah dihancurkan. Beruntung, telepon menyambung ke seorang laki-laki asing berjulukan Ryan (Chris Evan). Ryan awalnya menyangka Jessica berbohong, namun lambat laun dirinya sadar jika ini memang real deal.

Ryan akhirnya mencoba untuk melapor kepada polisi, tapi hasilnya nihil lantaran rupanya ada oknum polisi nan ikut bermain dalam kasus narkoba itu. Tidak ada pilihan lain, Ryan sendirilah nan kudu menyelamatkan Jessica dan family Jessica nan menjadi sasaran selanjutnya, hanya melalui sambungan telepon.

7. Tears of The Sun

Tears of the Sun [2003]

Kapten Bill Rhodes baru saja mengutus Letnan Waters (Bruce Willis) untuk melakukan misi krusial ialah menyelamatkan penduduk negara Amerika di Nigeria, nan saat itu pemerintahannya tengah runtuh dan diambil alih oleh pihak militer nan kejam.

Warga negara Amerika nan kudu mereka selamatkan adalah seorang master berjulukan Dr. Lena Kendricks (Monica Belluci). Namun saat dijemput, Dr. Lena tidak mau untuk ikut selain dia dan seluruh pasiennya dibawa. Operasi pengamanan Dr. Lena pun berubah menjadi operasi pemindahan besar-besaran.

Film ini menyuguhkan bukan saja tindakan tembak-tembakan dan pembunuhan brutal, sisi kemanusiaan pun diperlihatkan jelas, di mana para tentara Amerika kudu mengenyampingkan ego mereka dan mempertaruhkan nyawa demi keselamatan bersama.

8. Panic Room

Panic Room_Poster (Copy)

Meg Altman (Jodie Foster) baru saja berpisah dari suaminya Stephen (Patrick Nicholas). Meg lantas memutuskan untuk pindah berbareng putri semata wayangnya berjulukan Sarah (Kristen Stewart) nan tetap berumur 11 tahun. Mereka membeli sebuah mansion di tengah kota New York.

Pemilik sebelumnya adalah miliuner nan menambahkan sebuah ruangan kondusif (panic room) untuk menghindari penyusup. Naas, saat Meg sudah menempatinya, sekelompok pencuri mendatangi rumah tersebut untuk mencuri ratusan lembar obligasi berbobot ratusan juta dolar.

Saat Meg tahu, dia membawa anaknya masuk ke dalam panic room. Sialnya, di tempat itulah lembar obligasinya berada. Bagaimana langkah Meg dan Sarah menyelamatkan diri dari ruangan baja tersebut?

9. Don't Say A Word

Don't Say A Word_Poster (Copy)

Diangkat dari novel karya Andrew Klavan, movie ini menceritakan tentang seorang psikolog bernama Nathan Conrad (Michael Douglas) nan diminta untuk menangani seorang pasien gangguan jiwa berjulukan Elisabeth (Brittany Murphy). Nathan heran lantaran banyak rumah sakit nan menolak Elisabeth.

Setelah diselidiki, rupanya Elisabeth menyimpan rahasia nan berasosiasi dengan pencurian sebuah permata langka di tahun 1991, nan dilakukan oleh sekelompok geng kriminal. Geng pidana ini sempat terpecah lantaran adanya pengkhianatan dari para anggota, namun kini, sang pemimpin geng kembali mencari permata itu, nan lokasinya rupanya hanya diketahui oleh Elisabeth.

Nathan nan menyadari kebenaran ini dari Elisabeth, langsung membantunya kabur. Nyawa Elisabeth betul-betul dalam bahaya. Bahkan, kasus ini membikin Nathan juga ikut terseret. Sebenarnya, apa hubungan Elisabeth dengan geng pidana ini? Dan, gimana Nathan menyelesaikan kasus ini tanpa kudu membahayakan sekelilingnya?

10. Memento

Memento (2000)

Leonard Shelby (Guy Pearce) mengalami sebuah penyakit berjulukan anterograde amnesia, kondisi nan membuatnya tak dapat mengingat suatu kejadian dengan baik. Kondisi ini membuatnya mencoba mengabadikan setiap peristiwa nan dialami dalam corak tato di tubuh, foto polaroid, hingga catatan mini agar dia bisa terus mengingat.

Penyakitnya ini diakibatkan oleh peristiwa penembakan nan pernah dilakukan dua laki-laki padanya. Selain mengalami penyerangan, istri Leonard juga diperkosa oleh para penyerang tersebut.

Tak mau tinggal diam, Leonard berupaya membalaskan dendam dengan mencari keberadaan dua laki-laki tersebut berbekal catatan hingga foto polaroid nan dimilikinya. Berhasilkah Leonard menangkap kedua pelaku tersebut?

Sebenarnya, tetap banyak film-film dengan genre thriller yang bisa kalian saksikan. Namun kesepuluh movie di atas dipilih lantaran mempunyai plot nan baik, setting yang oke, pemilihan tokoh nan mumpuni. Dari kesepuluh movie di atas, mana nan sudah kalian saksikan? Jawab lewat kolom komentar, ya!