Bandara Juanda Terbangkan 560.673 Penumpang Selama Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
Bandara internasional Juanda di Surabaya, Jawa Timur. (dok. istimewa)

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengungkapkan, momen puncak arus kembali libur Lebaran Lebaran 2024 terjadi pada Senin 15 April 2024. Hal tersebut terpantau dari lobby airport nan cukup padat.

“Jumlah penumpang pesawat udara nan melalui Bandar Udara Internasional Juanda pada Senin 15 April tercatat sebanyak 54.819 orang dan jumlah ini juga lebih besar dibandingkan dengan puncak mudik pada 6 April sebelumnya ialah sebanyak 53.030 orang,” ujarnya, Selasa (16/4/2024).

Meskipun terjadi lonjakan jumlah penumpang pesawat di Bandar Udara Juanda, pihaknya memastikan pelayanan melangkah sangat baik, nyaman dan lancar.

Sisyani mengatakan, Bandara Juanda telah membuka Posko Lebaran sejak 3 April 2024, dan hingga pada hari Ke-13 alias 15 April 2024 jumlah penumpang nan telah dilayani sebanyak 560.673 orang alias meningkat sebesar 4 persen dibandingan dengan periode nan sama pada Posko Lebaran tahun 2023 sebesar 537.893 orang.

“Sedangkan jumlah penerbangan nan melayani sebanyak 3.849 pesawat mengalami peningkatan 2 persen dan jumlah kargo sebesar 2.184.146 Kg alias mengalami peningkatan 15 persen,” ujarnya.

Sisyani menerangkan, saat ini terdapat penerbangan ekstra selama periode libur lebaran sampai dengan Senin lalu, terpantau sebanyak 250 flight.

“Terdapat 6 maskapai nan telah mengoperasikan ekstra flight, ialah Lion Air 108 flight, Citilink 51 flight, Super Air Jet 50 flight, Batik Air 18 flight, Garuda Indonesia 10 flight, Nam Air 6 flight, Singapore Air 4 flight dan Scoot Tiger Air 3 flight, Sehingga total ekstra penerbangan sampai dengan saat ini sebanyak 250 flight,” katanya.

Kemudian, untuk rute destinasi tetap didominasi rute domestik. “Jakarta tetap menjadi rute dengan jumlah penumpang terbanyak dengan jumlah 10.000 penumpang. Adapun rute lainnya nan menjadi favorit, ialah Denpasar, Balikpapan, Makasar dan Banjarmasin,” ungkap Sisyani.

Dia mengimbau kepada seluruh calon penumpang nan bakal berangkat dikarenakan jumlah nan bakal melakukan perjalanan beberapa hari kedepan tetap tinggi agar selalu memperhatikan waktu jam penerbangan dan tiba di Bandara lebih awal.

“Guna kenyamanan saat bakal berangkat kami himbau untuk para pengguna jasa nan bakal berangkat melalui Bandara Juanda untuk memperhatikan jam keberangkatan terutama pada perkiraan puncak arus kembali nan diprediksi tetap cukup tinggi untuk beberapa hari kedepan agar datang lebih awal demi kenyamanan para pengguna jasa,” jelasnya.

“Selain itu bagi para pengguna jasa airport nan tidak membawa bagasi lebih dan dapat dibawa ke kabin dapat memanfaatkan akomodasi Check In Mandiri nan peralatannya sudah disiapkan ataupun melalui aplikasi online nan sudah disediakan oleh maskapai,” tutur Sisyani. B