Fantastis! Kekayaan Utsman bin Affan Jadikan Dirinya Sosok Dermawan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Tahukah Anda berapa kekayaan Utsman bin Affan nan jadi salah satu muslim terkaya di era kepemimpinan seorang nabi pada waktu tersebut? Sebagian besar orang mungkin hanya sekedar tahu bahwa dirinya adalah salah seorang muslim terkaya di masanya.

Namun jarang sekali orang nan mengetahui seberapa besar kekayaan nan dimiliki oleh laki-laki nan lahir dari Kota Thaif, Arab Saudi tersebut. Sangat disayangkan untuk siapapun Anda nan tahu mengenai dirinya tapi tidak tahu kekayaan nan dia miliki..

Utsman bin Affan sendiri diketahui oleh masyarakat muslim sebagai pebisnis ulung di eranya. Bahkan ketenarannya dalam masalah kekayaan ini termasuk hal-hal nan sering dijadikan percontohan oleh organisasi muslim dimanapun mereka berada.

Siapa Utsman bin Affan? Ini Profil Singkatnya

Seperti telah dijelaskan sebelumnya nama dari Utsman bin Affan merupakan orang nan terkenal lantaran kekayaan nan dimiliki. Kekayaan bukan saja salah satu nan menjadikan Utsman bin Affan sebagai orang nan mempunyai kesukaan tersendiri.

Namun dirinya juga termasuk orang nan murah hati dibandingkan dengan orang-orang kaya lainnya pada masanya. Utsman sendiri merupakan laki-laki keturunan dari Seorang ayah nan berjulukan Affan bin Abi Al Ash dari sebuah suku di Kota Mekah ialah Umayyah.

Suku tersebut merupakan salah satu nan terkenal di Kota Mekah pada masanya. Dari titik ini sudah terlihat bahwasanya Usman merupakan orang nan lahir dari keturunan dengan derajat nan tinggi di tempat kelahirannya.

Sedangkan ibu dari Utsman berjulukan Arwa, berasal dari salah satu suku Quraisy nan kaya di Kota Mekah. Dirinya mempunyai seorang kerabat wanita berjulukan Amina. Dalam masa hidupnya Utsman termasuk salah satu orang nan pandai langkah menulis dibandingkan dengan nan lain.

Sumber Kekayaan Utsman bin Affan

Terlahir dari orang tua nan mempunyai nasab alias sambungan keturunan  nan baik dari ayah maupun ibunya. Itulah nan merupakan awal mula dari Utsman bin Affan mempunyai kekayaan tersendiri dan juga pengalaman nan berbeda dibandingkan anak-anak lainnya.

1. Mendapatkan Warisan Besar

Mendapatkan-Warisan-Besar

Sebelumnya telah diketahui bahwasanya Utsman bin Affan merupakan keturunan kaya dari ayah maupun ibunya. Salah satu sumber kekayaan awal dari Utsman adalah warisan besar nan ditinggalkan oleh ayahnya untuk dirinya.

Warisan inilah nan menjadi cikal bakal dari Utsman bin Affan menjadi seorang nan kaya. Ayahnya Utsman ialah Affan pergi meninggalkan bumi ketika usia Utsman tetap muda. Kepergian sang ayah terjadi ketika hendak berjalan ke luar negeri untuk melakukan aktivitas bisnis.

Melihat ayahnya meninggal bumi lantas tidak membikin surut Utsman bin Affan untuk melanjutkan peninggalan dari ayahnya. Warisan besar nan dia dapatkan dimanfaatkan sebagai mungkin hingga akhirnya melahirkan kekayaan lain.

2. Pintar Berdagang Jadi Pundi Kekayaan Utsman bin Affan

Pintar-Berdagang-Jadi-Pundi-Kekayaan-Utsman-bin-Affan

Tidak hanya mewarisi kekayaan dari sang ayah Utsman bin Affan nyatanya juga mempunyai kepintaran upaya dari orang tuanya. Inilah nan menjadikan dia hanya mempunyai sumber kekayaan lain nan membikin warisan sang ayah terus bertambah jumlahnya.

Ada sifat lain nan menyebabkan Utsman bin Affan ini pandai berbisnis juga dipercayai oleh semua pembelinya. Hal ini adalah sifatnya nan murah hati sehingga menyebabkan dirinya mendapatkan banyak kepercayaan dan akhirnya mempunyai kekayaan nan luar biasa.

Sifat lainnya nan menyebabkan Utsman bin Affan bisa menghasilkan banyak pundi-pundi kekayaan adalah jujur. Seperti ini sedikit banyak mempengaruhi kredibilitas dari pedagang seperti Utsman. Tidak seperti kebanyakan orang kaya lainnya di Kota Mekah.

Utsman bin Affan pun mempunyai perangai rendah hati, lantaran inilah banyak sekali orang-orang nan tidak takut untuk berbisnis dengan dirinya.

Berapa Total Kekayaan Utsman bin Affan?

Untuk mengetahui berapa total kekayaan nan dimiliki oleh Utsman bin Affan maka info tersebut hanya bisa ditemui dalam buku-buku sejarah masa lalu. Jarak dari kematian sang penguasa terhadap masa sekarang cukup jauh. Maka, info mengenai berapa asetnya tidak mudah di cari.

Akan tetapi berasas info dari kitab sejarah karangan ahli filsafat islam ialah Imam Ibnu Katsir. Didapatlah beberapa info mengenai berapa banyak jumlah kekayaan nan dimiliki oleh pemimpin islam di era empat sahabat tersebut.

Terkait berapa jumlah kekayaan nan dimiliki, info tersebut terdapat dalam sebuah kitab berjudul Al Bidayah wan Nihayah nan muncul di abad ke 14 Masehi. Namun mengenai jumlah kekayaan nan dimiliki oleh dirinya, pembahasannya hanya ada saat dirinya telah meninggal.

Jumlah Kekayaan Utsman bin Affan Setelah Tutup Usia

Jumlah-Kekayaan-Utsman-bin-Affan-Setelah-Tutup-Usia

Untuk total kekayaan nan dimiliki oleh Utsman bin Affan terbagi ke dalam tiga bagian berupa duit tunai, kekayaan nan didermakan ke orang lain dan juga sejumlah hewan ternak

  • Uang Tunai Pertama

Sepeninggalnya Utsman bin Affan dirinya menyisakan duit tunai dengan total 30 juta dirham. Jika dikonversi ke dalam mata duit Rupiah maka nomor tersebut berada di kisaran 1,8 triliun rupiah. Ini adalah jumlah kekayaan pertama berupa duit nan ditinggalkan dirinya kala mangkat.

  • Uang Tunai Kedua

Lelaki nan merupakan salah satu orang terkaya di Kota Mekah itu pun juga meninggalkan kekayaan dalam corak duit dengan jumlah lain. Totalnya adalah sebesar 150.000 dinar, andaikan dikonversi ke dalam mata duit saat ini adalah berjumlah 291 miliar rupiah.

  • Harta nan Disedekahkan

Meski termasuk orang nan tajir dan juga kaya Utsman bin Affan setelah meninggal tetap bisa menyedekahkan hartanya kepada orang lain. Total kekayaan nan dia dermakan adalah senilai 300.000 dinar, alias sejumlah 388 juta rupiah

  • Binatang Ternak Berupa Unta

Usman sendiri tidak hanya meninggalkan kekayaan berupa duit tunai saja namun Ia pun meninggalkan perihal lain. Sepeninggal dirinya wafat, dia pun juga meninggalkan perihal lain berupa hewan ternak nan terdiri dari ribuan unta.

Total hewan piaraan nan dia tinggalkan adalah sebanyak 1000 ekor unta. Jumlah tersebut jika dikalkulasi ke dalam mata duit saat ini adalah sebanyak 7,7 miliar rupiah.

Dari total kekayaan berupa duit tunai hingga jumlah hewan ternak nan ditinggalkan oleh Utsman bin Affan. Maka, jumlah kekayaan nan dia tinggalkan adalah sebanyak 2,5 triliun rupiah. Jumlah total tersebut baru sekedar kekayaan nan terhitung setelah dirinya meninggal.

Jika dijumlahkan dengan total-total saat dirinya tetap hidup, maka kekayaan tersebut belum bisa diketahui secara mendetail untuk penjelasannya. Namun,dari sini beberapa dari Anda mungkin bakal cukup kagum dengan kekayaan besar nan dia tinggalkan tersebut.

Pernah Beli Sumur dengan Harga Fantastis

Pernah-Beli-Sumur-dengan-Harga-Fantastis

Dalam masa hidupnya Seorang Usman pernah membeli sebuah sumur dengan nilai nan besar. Dirinya membeli sumur seharga 35.000 dirham, untuk mata duit sekarang sama dengan 13,2 miliar rupiah. Utsman pun membagikannya pada organisasi muslim secara gratis.

Sumur tersebut dibeli lantaran adanya musim panas nan berkepanjangan sehingga banyak sumber mata air nan mengering.

Jumlah kekayaan Utsman bin Affan tersebut merupakan info nan bisa publik ketahui. itu pun didasarkan pada catatan dari sebuah kitab berjulukan Al Bidayah wa Nihayah nan ditulis oleh ahli filsafat berjulukan Ibnu Katsir.