Kekayaan PewDiePie, Youtuber Kelas Dunia Menurut Forbes dan Coed

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Siapa nan tidak kenal PewDiePie? Pria nan nama aslinya adalah Felix Arvid Ulf Kjellberg ini sudah sangat terkenal di Youtube, apalagi bisa dikatakan sebagai legenda platform Youtube oleh Google. Tak heran jika kekayaan PewDiePie sudah terhitung sangat banyak dan besar.

Kekayaan itu didapat dari bumi perkontenan di Youtube. Cara PewDiePie membikin konten dari beragam game sudah diikuti oleh Youtuber lain di dunia, termasuk nan ada di Indonesia. Bagi nan mau mengenalnya lebih jauh, Anda bisa menemukan info menarik tentangnya di bawah.

Profil Singkat PewDiePie

Profil Singkat PewDiePie

Sebelum terkenal sebagai Youtuber saat ini, mari kita kembali ke masa kecilnya terlebih dahulu. Felix lahir dan besar di Gothenburg, Swedia, pada tahun 1989. Orang tua Felix adalah Lotta Kristine Kjellberg dan Ulf Christian Kjellberg.

Dia dibesarkan berbareng kakak perempuannya, Fanny. Sejak mini Felix sangat menyukai seni dan mau merancang karakter video game terkenal seperti Mario dan Sonic di masa depan.

Apalagi Felix saat itu sudah bermain video game menggunakan konsolnya, Super Nintendo. Seperti anak-anak lain seusianya, dia adalah anak bandel nan sering membolos hanya untuk bermain game di warnet berbareng teman-temannya.

Setelah lulus SMA, dia memutuskan untuk mendaftar di Chalmers University of Technology, mengambil bidang Teknik Industri, dan mengambil bidang Teknik Ekonomi. Namun pada tahun 2011, dia memilih drop out lantaran jenuh. Setelah putus kuliah, dia kemudian konsentrasi ke Youtube.

Perjalanan PewDiePie di Youtube

Felix sudah terdaftar di Youtube sejak tahun 2006 dengan “Pewdie” sebagai usernamenya. Dia menyatakan bahwa “Pew” diambil dari bunyi laser dari franchise Star Wars dan campuran “Die”.

Karena lupa kata sandinya, dia kembali ke Youtube pada 29 April 2010 dengan nama baru, “PewDiePie”. Di awal karirnya di Youtube, PewDiePie menjadi komentator sebuah game Action dan Horror termasuk game terkenal lainnya seperti Minecraft dan Call of Duty.

Ia pun membikin video Youtube berjudul “Let’s Play” sebagai nama videonya. Tak disangka, rupanya konten seram nan dibuatnya nan berjudul Amnesia: The Dark Descent, digandrungi penonton Youtube.

Di penghujung tahun 2014, PewDiePie dikejutkan dengan total subscriber sebanyak 14 juta dengan video ditonton sebanyak 7 miliar kali dan dia menjadi Youtuber dengan jumlah penonton terbanyak di bumi hingga hadirnya T-Series, saingannya.

Selanjutnya, di tahun 2017, PewDiePie berjumpa dengan rivalnya ialah sebuah perusahaan asal India berjulukan T-Series. Di tahun nan sama, T-Series sukses merebut gelarnya sebagai Youtuber dengan subscriber terbanyak.

Untuk mengalahkan T-Series, Felix bekerja sama dengan Youtuber lainnya, termasuk MrBeast alias Jimmy Donaldson.

1. Tahun Kesuksesan PewDiePie

Tahun Kesuksesan PewDiePie

Popularitas PewDiePie tumbuh dengan mantap antara tahun 2010 dan 2011. Dia telah mencapai 60.000 subscriber pada Desember 2011 dan terus meningkat hingga mencapai 1 juta subscriber pad Juli 2012. Selanjutnya, pada September 2012, subscribernya meningkat dua kali lipat ialah melampaui nomor 2 juta.

Kemudian tetap ditahun nan sama tepatnya pada bulan Desember 2012, Felix menandatangani perjanjian dengan Maker Studio nan membikin aliran kekayaannya semakin lancar. Basis penggemarnya pun jadi semakin besar hingga mencapai 5 juta subscriber pada Februari 2013.

Angka subscribernya terus meningkat hingga pada bulan Juni 2013. Pada bulan itu, dia kembali mengambil alih deretan Youtuber terpopuler dengan nomor subscriber mencapai 10 juta.

Dan tetap di tahun nan sama, dia akhirnya memuncaki tahta Youtuber tersebut dengan nomor 15 juta subscriber dan The Wall Street Journal memperkirakan penghasilannya di tahun 2013 menjadi $4 juta.

2. Tahun Kontroversial PewDiePie

Tahun Kontroversial PewDiePie

Meskipun tidak ada keraguan bahwa kekayaan PewDiePie meroket selama periode 2013-2016, kesuksesannya sempat terhenti setelah tahun 2017 nan penuh masalah dan kontroversial. Tahun itu dimulai dengan keberhasilan T-series nan menyalipnya untuk posisi nomor 1 di Youtube.

Saat itu, T-Series mempunyai 20,2 miliar total penayangan nan rupanya jauh lebih banyak dari PewDiePie dengan nomor 15,7 juta. PewDiePie juga nyaris disusul oleh saluran Vevo resmi Justin Bieber.

PewDiePie di tahun itu juga terkena kasus rasisme. Dia tampaknya terus-menerus memihak tuduhan rasisme. Hal tersebut bisa dilihat dari The Wall Street Journal nan meletakkan minat unik pada kasus PewDiePie serta melaporkan kejadian tersebut.

Imbasnya, dia menghadapi banyak tuduhan rasisme sepanjang tahun. Selain itu, Maker Studios milik Disney juga memutuskan hubungan dengannya di awal tahun 2017, dan PewDiePie tidak lagi menjadi bagian dari jaringan multi-saluran sejak itu.

Estimasi Aset dan Sumber Kekayaan PewDiePie

Estimasi Aset dan Kekayaan PewDiePie

Sekitar enam bulan lalu, PewDiePie namalain Felix Arvid Ulf Kjellberg duduk di atas daftar Youtuber terpopuler dengan pengaruh nan besar. Hal ini lantaran PewDiePie merupakan Youtuber dengan subscriber nan sangat banyak. 

Meski begitu, saat dia berada di tahun kontroversial, dia sempat kehilangan 2 juta pengguna sebelum akhirnya bangkit kembali menjadi 111 juta pengguna saat ini.

Saat ini aset dan kekayaan PewDiePie juga diketahui sangat banyak. Menurut beberapa info terpercaya, penghasilannya naik setiap tahun mulai dari 2010 hingga 2016. Saat itu Forbes memperkirakan dia adalah penerima pendapatan tertinggi di Youtube, ialah $15 juta tahun itu.

Banyak ragam perkiraan kekayaan dari PewDiePie mulai dari majalah ternama hingga sesama Youtuber. Tahun 2023, kekayaan bersih PewDiePie diperkirakan mencapai $64 juta. Berikut beberapa media nan meliput tentang aset PewDiePie.

1. Berdasarkan Forbes

Forbes percaya bahwa PewDiePie tetap sukses menghasilkan 12 juta pada tahun 2017, meskipun publisitas negatif ditujukan kepadanya. Dia tetap sukses menduduki ranking Nomor 6 dalam daftar penerima Youtube tertinggi untuk tahun 2017.

Meskipun dia terkenal lantaran video Youtube-nya, PewDiePie juga mempunyai banyak pengikut di Twitter (521,1 ribu pengikut) dan IG (21,6 juta pengikut). Dua akun media sosial tersebut sangat membantu pemasarannya sebagai Youtuber sekaligus influencer.

PewDiePie namalain Felix juga diketahui menjual merch untuk akun Youtubenya. Merch ini dia pasarkan dalam corak toko online nan menjual kaos, kemeja lengan panjang, topi, dan hoodie ke pedoman penggemarnya.

2. Berdasarkan Majalah Coed

Coed memperkirakan kekayaan bersihnya pada awal tahun 2018 sebesar $61 juta (dari pendapatan campuran sejak 2010). Mereka memperkirakan bahwa Felix telah mendapatkan setidaknya $9 juta setahun dari penghasilan iklan di saluran Youtubenya.

Pada beberapa kesempatan di tahun 2017, dia tentu saja telah mengalami kejatuhan mini dengan hilangnya status dan tarif periklanan Google Preferred. Namun tetap saja, setelahnya PewDiePie bangkit dan mulai meraup pundi duit dalam jumlah besar

Hal ini berangkaian dengan perkembangan Youtube sebagai platform nan dinilai bisa menjadi sumber duit nan berkelanjutan. Hal ini menyebabkan PewDiePie bisa terus menghasilkan duit dalam jumlah besar dari Youtube berkah konsistensi dan kreativitasnya.

Tentu saja dengan kekayaan PewDiePie seperti nan dimiliki saat ini, dia bisa pensiun dengan baik kapanpun dia mau. Dia mempunyai banyak kesempatan untuk memulai upaya di bagian baru dan meningkatkan kekayaan bersihnya lebih tinggi lagi.