Sumber Kekayaan Bambang Soesatyo, Aset, Profil dan Faktanya

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Bagi orang-orang nan suka dengan bumi politik, tentu nama Bambang Soesatyo alias biasa dipanggil Bamsoet sudah tidak asing lagi. Sejak menjabat sebagai ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menjadi sorotan publik. Tak terkecuali tentang kekayaan Bambang Soesatyo.

Agar lebih mengenal sosok ketua MPR tersebut, tulisan ini memberikan ulasan komplit tentang politikus nan satu ini. Di sini, kita bakal mengenal profil Bamsoet dan juga beragam sumber kekayaan kekayaan Bambang Soesatyo.

Profil Bambang Soesatyo

Profil Bambang Soesatyo

Pria nan lahir pada 10 September 1962 di Jakarta tersebut berasal dari family tentara. Dulunya, Bamsoet menempuh pendidikan dasar dan pendidikan tingginya di Jakarta. Dia merupakan salah satu alumni dari SMA Negeri 14, Jakarta Timur.

Setelah lulus dari SMA tersebut, dia melanjutkan pendidikan ke Akademi Accounting Jayabaya nan juga terletak di Jakarta. Dia mulai kuliah pada usia 19 tahun. Namun, di sana dia tidak memperoleh gelar S1. Akhirnya, Bamsoet melanjutkan S1-nya di Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia.

Setelah sukses menyelesaikan pendidikan S1 tersebut, Bamsoet melanjutkan pendidikan Master di IM Newport Indonesia nan berlokasi di Amerika. Bamsoet memang sudah menunjukkan bibit-bibit pemimpin sejak tetap berguru dan kuliah.

Dia sangat menyukai organisasi sejak tetap menjadi mahasiswa. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa di Akademi Akuntansi Jayabaya. Bamsoet juga pernah menjadi Ketua Umum Badan Perwakilan Mahasiswa, Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia, hingga Pemred Majalah Universitas Jayabaya.

Dia juga pernah ditunjuk sebagai Pimpinan Umum Majalah HMI Cabang Jakarta. Beberapa kedudukan organisasi lain nan pernah diperoleh Bambang Soesatyo adalah sebagai Ketua Umum Organisasi Mahasiswa Mapussy Indonesia, Wakil Sekjen PB HMI, Wakil Sekretaris Koordinasi Komisariat HMI, dan Ikatan Pers Mahasiswa.

Karir

Dia sebenarnya memulai karir sebagai wartawan di usia 23 tahun. Itu adalah awal mula Bamsoet bekerja. Dia menjadi wartawan dari Harian Umum Prioritas. Kemudian, dia pindah ke Majalah Vista. Akhirnya, karinya mulai meningkat dengan menjadi pemimpin redaksi dari Majalah Info Bisnis di usia 29 tahun.

Setelah delapan tahun bekerja di sana, dia ditunjuk menjadi komisaris dari PT. Suara Irama Indah. Lalu. pada 2004, Bamsoet sukses menjadi kepala dari PT. Suara Rakyat Membangun. Di waktu nan sama, dia juga menjadi pemimpin redaksi di Suara Karya.

Karena karirnya terus menanjak, pada 2006, Bamsoet memperoleh kedudukan sebagai Direktur Independen PT SIMA. Setahun setelahnya, dia menjadi kepala di Kodeco Timber.

Nah, Bambang Soesatyo sebenarnya juga sudah berada di bumi politik sejak 1980 dengan berasosiasi berbareng Partai Golkar. Di sana, dia menjadi aktivis AMPI. Dia juga pernah menjadi calon personil legislatif pada masa orde baru. Lalu, pada 2009, dia sukses menjadi personil DPR RI.

Ketika menjadi personil DPR itulah, Bamsoet sangat lantang menyelesaikan kasus Bank Century. Hal itu lantaran Bamsoet merupakan salah satu panitia unik dari Bank Century tersebut.

Lalu, pada 2014, dia menjadi personil DPR lagi untuk periode 2014-2019. Dengan pengalaman nan panjang sebagai DPR, maka Partai Golkar menjadikan Bamsoet sebagai sekretaris dari Fraksi Partai Golkar.

Nah, pada 2018, Bamsoet menggantikan Setya Novanto menjadi ketua DPR RI. Saat itu, Setya NOvanto dilengserkan dari jabatannya lantaran terbukti melakukan korupsi E-KTP.

Sumber Kekayaan Bambang Soesatyo

Sumber Kekayaan Bambang Soesatyo

Bambang Soesatyo dilantik menjadi personil MPR RI pada 2019 lalu. Sejak menjabat sebagai ketua MPR, Bamsoet mendapatkan lebih banyak sorotan dari media dan publik. Banyak juga nan mempertanyakan tentang kekayaan kekayaan Bambang Soesatyo tersebut.

Dari laporan Harta Kekayaan nan diberikan oleh Bambang Soesatyo kepada KPK sejak menjadi ketua MPR pada 2019, tercatat bahwa kekayaan Bamsoet adalah Rp98 miliar.

Kekayaannya itu berasal dari pekerjaannya di bumi politik selama bertahun-tahun. Sebelumnya, Bamsoet juga pernah bekerja di perusahaan. Itulah nan juga menjadi salah satu aliran kekayaan nan dimiliki oleh Bamsoet.

Namun, belum ada penjelasan perincian mengenai dengan sumber kekayaan Bambang Soesatyo nan lainnya. Meskipun begitu, nilai kekayaan ini merupakan nilai nan fantastis.

Aset Bambang Soesatyo

Seperti nan sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Bamsoet pernah menggeluti bumi upaya sebelum akhirnya terjun ke bumi politik. Tentu saja itu nan menjadikan Bamsoet mempunyai kekayaan nan besar dari tabungannya selama berada di upaya dan menjadi personil politik.

Harta kekayaan tersebut tentu lebih besar dibandingkan ketika Bamsoet baru pertama kali masuk ke bumi politik. Namun, apa saja sebenarnya aset-aset berbobot nan dimiliki oleh Bambang Soesatyo? Berikut kami berikan rinciannya.

1. Tanah dan Bangunan

Tanah dan Bangunan

Salah satu aset berbobot nan dimiliki oleh Bambang Soesatyo adalah tanah dan gedung sejumlah 27 unit. Total nilai dari tanah dan gedung nan dimilikinya adalah sebesar Rp71.217.095.000.

Tanah dan gedung miliknya itu tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bogor, Purbalingga, Jakarta Pusat, Bandung, Banjarnegara, dan Klungkung. Tentu saja, nilai jual dari aset-aset tersebut bisa terus meningkat.

2. Surat Berharga

Surat Berharga

Tak hanya mempunyai banyak tanah dan bangunan, Bambang Soesatyo juga mempunyai aset berupa surat berharga. Total nilai dari surat-surat berbobot nan dimilikinya adalah sebesar Rp120.000.000.

3. Mobil

Mobil

Aktif di bumi politik, tentu saja Bamsoet mempunyai banyak duit untuk membeli deretan mobil mewah. Kini, dia mempunyai 11 mobil mewah dan 2 unit motor mewah. Total dari semua kendaraan miliknya itu adalah Rp18.560.000.000. Sangat fantastis, bukan?

Sebenarnya, hobik Bamsoet dalam bagian otomotif sudah dilakukannya sejak sebelum menjadi ketua MPR. Saat tetap menjadi pebisnis dan bekerja di perusahaan, Bamsoet memang sudah mempunyai kekayaan kekayaan nan banyak.

Itulah nan menjadikannya suka membeli banyak mobil dan motor mewah sebagai koleksi. Tak heran jika sekarang koleksinya juga semakin banyak seiring dengan pendapatannya sebagai ketua MPR nan tentu saja tidak sedikit.

Beberapa merk mobil nan dimilikinya antara lain Hummer, Jeep, Mercedes Benz, Ferrari, Lamborghini, Toyota Fortuner, Rollsroyce, dan Tesla. Sementara itu, dua motornya adalah jenis motor Harley Davidson.

4. Kas

Kas

Bambang Soesatyo juga mempunyai aset berupa kas dan aset lain setara kas. Dari kas tersebut, kekayaan nan dimiliki oleh Bamsoet adalah setara dengan Rp7.054.325.429.

5. Harta Bergerak Lainnya

Harta Bergerak Lainnya

Terkait dengan kekayaan bergerak lain nan dimiliki oleh Bambang Soesatyo tersebut mempunyai nilai total sebesar Rp1.068.000.000. Inilah nan juga berkonstribusi dalam memberikan kekayaan nan besar pada ketua MPR tersebut.

Fakta Menarik tentang Bambang Soesatyo

Fakta Menarik tentang Bambang Soesatyo

Ternyata, Bambang Soesatyo pernah menjadi pengusaha media. Hal itu lantaran dirinya mengawali karir sebagai seorang wartawan. Bidang media itulah nan menjadi salah satu sumber kekayaan Bambang Soesatyo nan membawanya menjadi sekaya sekarang.

Karir gemilangnya dalam bumi upaya itu diimbanginya dengan keaktifannya dalam bagian politik. Nah, perihal itulah nan menjadikan Bamsoet menjadi sosok berpengaruh di bagian upaya dan politik hingga menjadikannya bisa menduduki salah satu kedudukan tertinggi di pemerintahan Indonesia saat ini.