Sumber Kekayaan Mukesh Ambani dalam Rupiah, Profil dan Asetnya

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Orang terkaya di India saat ini adalah seorang konglomerat berjulukan Mukesh Ambani. Selain menjadi nan terkaya di India, Ia juga masuk ke dalam 10 orang terkaya jenis Forbes saat ini. Pertanyaannya, berapa total kekayaan Mukesh Ambani saat ini?

Apa nan membikin Mukesh begitu kaya raya? Ternyata, peran besar keluarganya lah nan menjadikannya menjadi salah satu orang terkaya di bumi saat ini.

Siapakah Mukesh Ambani?

Siapakah-Mukesh-Ambani

Mukesh Bhai Ambani merupakan salah satu orang paling kaya di bumi saat ini. Menurut Forbes, Mukesh menjadi orang paling kaya nomor 8 di bumi pada bulan Maret 2023. Kekayan dari konglomerat India ini tidak lepas dari peran ayahnya, Dhirubhai Ambani.

Mukesh Ambani lahir di Aden, Yaman, pada tanggal 19 April 1957. Waktu itu, Aden tetap mejadi koloni dari Kerajaan Inggris. Ia merupakan salah satu anak dari 4 bersaudara, nan mana Ia mempunyai seorang adik laki-laki dan 2 orang kerabat perempuan.

Keluarganya ke India di tahun 1958. Ketika kembali ke India, Dhirubhai Ambani memulai sebuah upaya busana dan rempah-rempah di Mumbai. Mukesh Ambani kemudian lulus dari Jurusan Teknik Kimia di University of Mumbai.

Ketika lulus, Ia melanjutkan pendidikannya ke Stanford Graduate School of Business. Namun, Mukesh kudu drop out dari kuliahnya di Stanford untuk membantu ayahnya dalam membangun Pabrik Petrokimia Patalganga.

Keluarganya kemudian sukses dalam membangun upaya petrokimia dan minyak bumi. Ketika ayahnya meninggal dunia, Reliance Industries dipecah menjadi dua. Mukesh Ambani mengendalikan upaya minyak bumi, petrokimia, gas, dan tekstil.

Sementara adiknya, Anil Ambani, mengambil alih upaya telekomunikasi, hiburan, pembangkit listrik dan manajemen aset.

Aset Mukesh Ambani

Aset-Mukesh-Ambani

Berdasarkan Forbes, kekayaan dari Mukesh Ambani pada tanggal 10 Maret 2023 adalah sebesar 84,7 miliar Dollar AS. Total kekayaan dalam Dollar tersebut setara dengan 1,3 biliun Rupiah. Nominal tersebut menurun dari total kekayaan pada awal tahun ini, ialah 86,4 miliar Dollar Amerika.

Meskipun begitu, total kekayaan Mukesh Ambani tetap berada jauh di atas Gautam Adani nan mempunyai kekayaan bersih sebesar 46,6 miliar Dollar AS. Jika dibandiangkan dengan total kekayaan Elon Musk, kekayaan dari Ambani nyaris mendekati separuhnya (181,1 miliar Dollar AS).

Total kekayaan Mukesh Ambani pernah mencapai nomor 90,7 miliar Dollar AS alias 1,4 biliun Rupiah pada tahun 2022. Aset Mukesh nan paling terkenal adalah rumah Antilia. Rumah nan berada di tengah area krusial ini mempunyai nilai sekitar 30 triliun Rupiah.

Aset paling krusial lainnya dari pebisnis ini adalah Reliance Industries nan berbobot 3 biliun Rupiah. Mukesh Ambani diketahui mempunyai aset sebesar 50,54% dari upaya raksasa ini.

Sumber Kekayaan Mukesh Ambani

Mukesh Ambani merupakan pemilik dari Reliance Group nan merupakan sebuah upaya dengan bagian industri nan cukup beragam. nan paling terkenal dari grup ini adalah Reliance Industries, nan merupakan penghasil pendapatan terbanyak bagi Mukesh.

Selengkapnya, berikut sumber-sumber kekayaan dari Mukesh Ambani:

1. Reliance Industries

Reliance-Industries

Reliance Industries merupakan salah satu upaya milik Mukesh Ambani nan berkecimpung dalam bagian pemurnian dan pemasaran minyak bumi, eksplorasi dan produksi hidrokarbon, petrokimia, telekomunikasi, dan ritel.

Perusahaan ini mempunyai kilang minyak di Jamnagar, Gujarat, India. Kilang minyak ini merupakan salah satu kilang minyak terbesar nan ada di dunia. Kilang minyak milik Reliance Industries ini mempunyai 2% kapabilitas pemrosesan dari seluruh minyak di dunia.

Angka tersebut menyumbang total ekspor sebesar 15%, kapitalisasi pasar saham sebesar 4%, dan pendapatan pajak sebesar 3% dari India. Hal tersebut menjadikan Reliance Industries sebagai penanammodal swasta terbesar nan ada di India saat ini.

Sumber kekayaan Mukesh Ambani ini juga menjadi produsen benang dan serat poliester terbesar nan ada di bumi saat ini. Saat ini, Reliance Industries mempunyai total aset sebesar 190 miliar Dollar AS alias 3 biliun Rupiah dan pendapatan tahunan sebesar 1,3 biliun Rupiah.

2. Jio Platforms

Jio-Platforms

Jio Platforms adalah sebuah perusahaan teknologi nan merupakan anak perusahaan dari Reliance Industries. Pada tahun 2022, Jio Platforms mempunyai aset lebih dari 100 miliar Dollar AS. Seluruh upaya digital maupun aset telekomunikasi dari Reliance dikelola oleh anak perusahaan ini.

Jio Platforms mengelola Jio Infocomm, nan merupakan bagian upaya konektivitas dari Jio. Anak perusahaan ini berkecimpung di upaya seluler, broadband, dan aset digital lainnya. Jio Platforms memperoleh investasi strategis dari FB pada April 2020.

Nilai investasi ini berbobot sebesar 5,5 miliar Dollar AS. Pada Mei 2020, saham milik Jio Platforms dijual ke Silver Lake Partners sekitar 1,15% dari total saham. Selain kedua nama tersebut, Intel juga berinvestasi ke Jio Platforms dengan nominal sebesar 250 juta Dollar AS.

Total investasi nan didapatkan oleh Jio Platforms adalah sebesar 14,8 triliun Rupiah. Saat ini, Akash Mukesh Ambani, nan merupakan anak dari Mukesh Ambani, ditunjuk sebagai ketua dari Jio Platforms pada tahun 2022.

3. Reliance Retail

Reliance-Retail

Mukesh Ambani juga berbisnis di bagian retail. Bisnis retail ini diberi nama Reliance Retail. Saat ini, Reliance Retail mempunyai 280 ribu tenaga kerja nan tersebar di 16,7 ribu letak toko. Bisa dibilang, upaya ritel ini merupakan upaya ritel terbesar nan ada di India.

Reliance Retail mengelola cukup banyak brand upaya ritel, antara lain:

  • AJIO
  • Hamleys
  • Jio Mart
  • Reliance Autozone
  • Reliance Digital
  • Reliance Footprint
  • Reliance Fresh
  • Reliance Home Kitchens
  • Reliance iStore
  • Reliance Jewel
  • Reliance Market
  • Reliance Mart
  • Reliance Super
  • Reliance Time Out
  • Reliance Trends
  • Reliance Wellness
  • dll.

Sumber kekayaan Mukesh Ambani ini memperoleh pendapatan total sebesar 21 miliar Dolar AS alias 328 triliun Rupiah pada tahun 2022. Nilai ekuitas dari Reliance Retail adalah lebih dari 60 miliar Dollar AS.

Saat ini, kedudukan ketua dari Reliance Retail dipegang oleh putri Mukesh Ambani, ialah Isha Ambani Piramal. Sama seperti nan dilakukan Mukesh Ambani pada Jio Platforms, perihal ini dilakukan untuk mentransisi kepemimpinan Ambani.

4. Network18

Network18

Yang terakhir di daftar ini adalah Network18. Ini bukanlah upaya terakhir milik Mukesh Andani, tetap banyak upaya lainnya nan menjadi sumber kekayaan konglomerat ini. Namun, anak perusahaan Reliance Industries ini cukup menarik untuk masuk ke dalam laman ini.

Network18 merupakan perusahaan induk nan menaungi TV18, jasa software Web18, Capital18, dan Network18 Publishing. Sehingga, grup inilah nan mengelola jaringan penyiaran News18, CNBC India, majalah Forbes di India, Overdrive, situs Firstpost, Moneycontrol, dan lain sebagainya.

Grup ini didirikan oleh Rakesh Gupta dan Geeta Gupta di tahun 1996. Kemudian, Network18 sempat diakuisisi oleh Raghav Bahl dan Ritu Kapur di tahun 2003 hingga 2006. Keduanya mengubah upaya ini menjadi sebuah perusahaan induk.

Hal tersebut membikin Network18 menjadi salah satu media terbesar nan ada di India. Sayangnya, grup ini mempunyai beban hutang nan cukup banyak akibat ekspansi garang nan dilakukan.

Supaya terlepas dari masalah tersebut, grup mengadakan sebuah perjanjian hutang dengan Reliance Industries di tahun 2012. Tindakan ini memberikan Network18 beberapa saluran dari ETV Network.

Akibat lainnya dari perjanjian tersebut adalah terjadinya pengambilalihan perusahaan oleh Reliance di tahun 2014. Network18 merupakan sumber kekayaan Mukesh Ambani nan cukup prospektif, dengan pendapatan sebesar 11,5 triliun pada tahun 2022.